Jumat, 09 Mei 2008

UJIAN SISIPAN
MM WIDYATAMA

Mata Kuliah (Kode M.K) : Electronic Business (EB-1502)
Angkatan/Triwulan : XIV (Empat Belas) / III (tiga)
Dosen Pembina : Didit Damurochman, ST।, MT
Pelaksanaan Ujian : Selasa, 06 Mei 2008
Tahun Akademik : 2007/2008
Sifat Ujian : Take Home


Nama Mahasiswa : Dede Hermawan
Nomor Pokok : 1413009
Angkatan : XIV
Tandatangan : ...............................


Jawaban No. 1.
Yang paling penting bagi saya dalam perkuliahan Electronic Business adalah menambah pengetahuan dan wawasan dalam cara-cara berbisnis melalui internet / secara electronic yang selama hanya mengetahui bisnis secara langsung manual person to person.

Pengaruh terhadap pekerjaan dan kehidupan pribadi pasti ada antara lain :
a. Di Kantor atau di rumah sering membuka internet untuk mencari informasi baik untuk keperluan pribadi atau untuk keperluan anak dalam mengerjakan tugas-tugas.
b. Dapat membuat blogspot untuk diri sendiri bahkan bisa mengajarkan pada anak bagimana cara membuatnya। (dede-hermawan।blogspot.com) yang selama ini tidak paham.
cBisa tukar menukar informasi dengan yang lain.
d. ilmu pengetahuan yaitu dengan cara downloads.
e. merupakan salah satu sarana untuk mencari informasi yang dibutuhkan dalam melaksanakan pekerjaan.

Jawaban No. 2.
Untuk merubah pemikiran teknologi e-bisnis pada organisasi, pada saat ini masih agak susah mengingat aturannya belum ada, yang ada di Indonesia proses untuk pengadaan barang dan atau jasa itu dilakukan secara manual dengan bukti-bukti hardcopy (bukti autentik), meskipun ada beberapa yang telah dilakukan melalui internet mislnya tentang pemberitahuan adanya tender, syarat-syarat mengikuti tenter bahkan pemberitahuan sebagai pemenang, namun itupun tatap dilampirkan dengan hardcopy.

Jawaban No. 3.

a. memang sangat penting dalam E-bisnis, karena transaksinya dalam dunia maya, dimana antara pembeli dan penjual tidak bertemu muka hanya melalui Internet.
b.Ukuran e-bisnis organisasi yaitu : harus adanya bukti-bukti secara tertulis.
c. Jaminan Amazon atau Yahoo kepada merchant yaitu memberikan garansi berupa keamanan dalam transaksi (misalnya kerahasiahan harga, pengiriman barang, pengiriman uang dll).

Jawaban No. 4.
a. E-commeremce menjadi sangat penting sebagian dari e-bisnis, karena bagi seseorang yang melakukan e-commerece harus terlebih dahulu mengetahui e-bisnis sehingga dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik.

b. Konsep konvergensi dan critical mass pada mobile commerce dan wireless commerce sebagai kunci dalam memenangkan persaingan yaitu banyak mencipatan berbagai medel-model baru kreatif dan inovatif sehingga bisa beda dengan perusahaan-perusahaan sejenis yang lain contoh produk-produk yang dikeluarkan G3 dan juga dapat memberikan layanan yang amat luas.

Jawaban No. 5.
ERP merupakan suatu sistem yang terintegrasi yang sering disebut sebagai beck office system yang dapat merangkum semua bisnis proses yang terjadi, sehingga menjadi efisien dan efektif serta dapat menghasilkan informasi yang nenunjang persahaan menjadi kompetitip.

Dalam Perusahaan (Telkom PDC) yang menggunakan ERP dimana sistemnya dibuat oleh sendiri, namun bila semua unit dapat terintegrasi dengan baik maka apabila ada informasi dari unit-unit yang lain akan segera dapat diketahui, begitupula bila menginginkan laporan dari setiap unit akan mengirim melalui jaringan LAN yang telah disediakan, sehingga laporan akan secepatnya bisa diselesaikan.

Tidak ada komentar: